Ini Daftar Mobil Listrik Chevrolet, Tesla, Fisker, Renault & Toyota
Ini Daftar Mobil Listrik Chevrolet, Tesla, Fisker, Renault & Toyota

Ini Daftar Mobil Listrik Chevrolet, Tesla, Fisker, Renault & Toyota

Posted on

Sebenarnya sudah dari dulu pemerintah seluruh dunia mencanangkan program penghematan energi, khususnya bahan-bahan yang bersifat habis dan tak bisa diciptakan lagi ataupun didaur ulang, satu diantaranya bahan bakar minyak, yang mayoritas digunakan beragam jenis kendaraan bermotor, satu diantaranya ialah mobil. Maka dari itu para produsen bersaing menciptakan sesuatu baru berbentuk Mobil Listrik.

Dengan begitu, dan jika benar diterapkan terhadap aksi nyata, bisa menjadi penggunaan bahan bakar minyak di dunia akan berkurang, sebab tercatat pemakai bahan bakar banyak salah satunya mobil. Tapi berbeda bila para produsen membuat mobil pada asupan daya yang diperoleh dari listrik, bukan cuma dapat menghemat cadangan minyak dunia, tapi juga mampu membuat lingkungan sekitar tetap fresh tanpa adanya asap keluar dari dalam kendaraan. Menariknya, beberapa negara dunia sudah memperkenalkan dan memasarkannya tuk dijadikan kendaraan umum yang dipakai tuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Chevrolet Volt

Chevrolet Volt
Chevrolet Volt

Sudah semenjak 2010 mobil ini diperkenalkan di hadapan publik, desainnya menarik dan tampangnya keren, akan merayu siapa saja yang memandanginya. Tapi siapa duga, mobil ditenagai motor derdaya listrik, yang mana dirinya diberi asupan listrik lewat baterai 24 kwh lithium-ion yang bisa menempuh perjalanan max 117 km, dan jika kebutuhan daya menipis, dengan otomatis mesin bensin yang dibawanya bakal hidup dan membantu pengisian generator listriknya lagi sampai kapasitas daya yang diperlukan cukup. Selain itu, adanya mesin bensin yang dibawanya bersamaan bakal memberi tenaga dorongan bagi kendaraan ini sampai daya yang diperlukan benar-benar cukup tuk menempuh perjalanan jarak jauh. Dan mengingat perpaduan itulah membuat chevrolet volt dinobatkan selaku satu diantara mobil listrik terbaik dunia yang dijual dengan harga 33.395 pounds (Rp.660 jutaan).

Tesla Roadster

Tesla Roadster
Tesla Roadster

Masih dari negara paman sam, tapi dengan nama produsen berbeda, yaitu Tesla Motors. Produsen mobil ini betul-betul menerapkan mesin listrik didalam bagian tubuh tiap mobil yang dibikinnya. Antara lain punya nama Tesla Roadster, yang adalah sebuah mobil dengan tampilan mewah dan bergaya sport yang ditenagakan baterai dengan kemampuan mengalirkan daya sebesar 53 kwh lithium-ion di keempat motor penggerak yang terdapat di setiap kaki-kakinya. Melihat kemampuan yang dipunyainya semacam 393 km di posisi daya baterai penuh, jelas membuatnya bisa disebutkan sebagai mobil listrik terbaik dunia. Bahkan terhadap penjualannya, diperkirakan Tesla bisa menjual 2000 unit lebih dari awal diciptakan tahun 2008 sampai akhir tahun 2011. Diperkirakan 57.400 pound tuk membawa pulang mobil ini, yang jika kita jadikan kedalam rupiah bakal menjelma jadi 1,1 miliar di masanya.

Fisker Karma

Fisker Karma
Fisker Karma

Bukan cuma dikenal brand smartphone saja, finlandia rupanya juga punya produsen yang tak bisa dipandang sebelah mata, yang dinamakan Fisker Automotive & Valmet Automitive yang sukses menciptakan inovasi teknologi tinggi yang diberlakukan terhadap mobil listik bikinannya. Mewah bukan cuma diluarnya saja, begitu pun di dalamnya, baik interior ataupun sektor dapur pacu yang diusungnya, dimana dirinya memakai konsel hybrid plug-in dengan memadankan dua unsur bahan bakar, yaitu listrik & bahan bakar minyak. Tak beda jauh dengan cara kerja yang diadopsi Chevrolet Volt, membuatnya bisa dimasukan ke dalam klasifikasi mobil listrik terbaik dunia. Dirinya diketahui diberi bekal baterai daya 20,1 kwh lithium-ion, yang diklaim bisa menempuh jarak 51 km dengan kecepatan yang sangat mengagumkan. Namun oleh sebab itu performa serta desain yang dibawanya membuat Fisker Karma diberi banderol selangit, gimana gak? pihak pengembang melepasnya di harga 80.000 pound, dan bila dikurs kedalam rupiah berkisar Rp.1,5 miliar.

Renault Fluence Z.E

Renault Fluence Z.E
Renault Fluence Z.E

Balik lagi ke desain sedan sport yang sekarang dibawa satu mobil listrik Renault Fluence Z.E. Sudah sejak lama keberadaannya mengaspal jalanan. Tercatat mobil pertama kali diperkenalkan di acara Frankfurt Motor Show tahun 2009 silam, dan baru dipasarkan secara umum tahun 2010 melalui situs internet, sukses mendapatkan banyak konsumen yang mengordernya tuk dijadikan tunggangan sehari-hari.

Tampilannya yang tak kalah istimewa dibanding kompetitornya, Renault Fluence Z.E menwarkan kenyamanan yang berbalut desain mewah, mulai sisi interior sampai ekterior yang dibawanya, yang memberi suatu nuansa beda daripada yang lain. Sebanding pada inovasi yang diluncurkan oleh Renault, mobil listrik terbaik dunia buatannya dibanderol 57.400 pound, yang jika sobat inginkan kedalam rupiah akan berkisar Rp.1,1 miliar, alias setara mobil yang diluncurkan oleh Tesla. Lalu menyuplai tenaga, diriya memakai baterai berdaya sebesar 22 kwh lithium-ion yang bisa menempuh jarak sampai 160km saat uji di NEDC.

Toyota Prius Plug-in Hybrid

Toyota Prius Plug-in Hybrid
Toyota Prius Plug-in Hybrid

Merek toyota tak mau ketinggalan dengan pesaingnya dalam jagat otomotif, dimana dirinya melahirkan Toyota Prius yang memakai konsep Plug-in Hybrid, yang telah dipasarkan secara resmi akhir 2011, dan mencatat angka penjualan cukup fantastis, sebab hanya butuh setahun tuk mencetak angka penjualan sampai melebihi 24.700 unit yang di jual ke seluruh dunia, tergolong didalamnya ialah Indonesia. Dan musti sobat ketahui, sampai sekarang ini toyota terus-menerus mengembangkan mobil yang ditenagai dengan baterai 4,4 kwh lithium-ion dan bahan bakar minyak bensin ini dengan kemampuan jarak tempuh jika hanya memakai baterai 18 km, sampai tampilan desain yang berubah tiap waktu kemunculananya di depan publik. Pada saat itu, untuk bisa memasukanya ke dalam garasi, sobat butuh dana sekitar USD 33.000 atau kira-kira Rp.449 juta.