Ini Perbandingan Motor Matic Yang Paling Irit Honda, Yamaha, Suzuki
Ini Perbandingan Motor Matic Yang Paling Irit Honda, Yamaha, Suzuki

Ini Perbandingan Motor Matic Yang Paling Irit Honda, Yamaha, Suzuki

Posted on

Dulu banyak orang yang bilang bahwa motor matic boros bensin, bahkan level keborosannya disamakan dengan sport ber-cc besar. Tapi sekarang teknologi mesin makin canggih, sebab rata-rata sudah diberikan mesin berteknologi fuel injection yang bisa mengefisiensikan bahan bakar, dan menjadikannya ramah lingkungan. Bahkan sekarang, hampir setiap motor matic di Indonesia sudah dilengkapi pembakaran injeksi, sehingga menjamin irit bahan bakar. Tiap pabrikan sepeda motor punya sebutan berbeda buat teknologi Fuel Injection yang digunakan di motor matic buatannya. Contohnya Honda yang memberi nama PGM-FI, dan Yamaha yang menjulukinya sebagai Blue Core. Pada dasarnya teknologi Injeksi adalah sebuah inovasi yang membuat sistem pembakaran kian sempurna, hingga otomatis mengefisiensikan bahan bakar. Disamping itu, teknologi ini pun meningkatkan kinerja mesin secara mengurangi gesekan serta menstabilkan suhu mesin.

Perbandingan Motor Matic Yang Paling Irit

Setiap orang tentunya punya selera berbeda-beda dalam menyukai motor matic teririt di Indonesia. Tapi akhir-akhir ini, motor matic dengan tampilan retro, semisal Honda Scoopy dan Yamaha Fino lagi trendsetter baru di Industri otomotif, khususnya tipe sepeda motor matic. Buat sobat otomotif yang kepincut membeli satu motor matic Injeksi, dan mau tahu berapa harga juga irit mesinnya, silahkan baca informasi Daftar motor matic teririt yang dirangkum dibawah ini.

Honda Vario 150 Esp

Honda Vario 150 Esp
Honda Vario 150 Esp
Items Deskripsi
Konsumsi BBM  52.9 km / Liter
Tipe 4-langkah SOHC dengan pendinginan cairan eSP
Isi Silinder  150 cc
Tenaga Maksimal 9.3 kW / 8.500 rpm
Torsi Makimal 12.8 N.m / 5.000 rpm
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Transmisi  Otomatis V-Matic
Harga Tipe
Rp 20.500.000 Exclusive Type
Rp 20.350.000 Sporty Type

Mesin besar kapasitas 150cc tidak menghalagi Honda Vario 150 eSP menjadi motor matic paling irit Indonesia. Berbekal mesin 4 langkah SOHC yang difasilitasi sistem liquid cooled, motor ini punya konsumsi BBM secara rasio 1 liter tuk tempuh jarak 52.9 km. Keiritan motor matic Honda Vario 150 eSP sebetulnya tidak lepas dari nama PGM-FI yang memaksimalkan sistem pembakaran supaya lebih ramah lingkungan dan relevant dengan standard emisi Euro III. Disamping itu, motor ini pun ada fitur Idling Stop yang secara otomatis bisa mematikan mesin dan menghidupkannya lagi dalam hitungan beberapa detik jika di gas.

Yamaha Mio M3 125 Blue Core

Yamaha Mio M3 125 Blue Core
Yamaha Mio M3 125 Blue Core
Items Deskripsi
Konsumsi BBM 60.3 km / Liter
Tipe 4-langkah SOHC dengan pendinginan udara – Blue Core
Isi Silinder 125 cc
Tenaga Maksimal 7.0 kW / 8000 rpm
Torsi Makimal 9.6 Nm / 5500 rpm
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Transmisi  Otomatis V-Matic
Harga Rp 14.700.000

Yamaha Mio M3 125 Blue Core memberikan fitur canggih, dan satu diantaranya fitur Eco Lamp Indicator yang berfungsi memudahkan konsumen mengontrol pemakaian bahan bakar. Disamping itu, motor ini pun dibekali mesin canggih yang meniru mesin 4 langkah SOHC dengan sistim pendingin udara dan punya kapasitas silinder sebesar 125cc. Mesin itu terbukti amat irit, dan rumornya punya rasio konsumsi BBM 1L/60.3 km. Tak hanya itu, motor ini jua menawarkan desain modern yang kesannya futuristik dan stylish. Lalu tenaganya mampu mengeluarkan sebesar 7.0 kw dan torsi 9.6 Nm.

Suzuki Nex Super FI

Suzuki Nex Super FI
Suzuki Nex Super FI
Items Deskripsi
Konsumsi BBM 82.6 km / Liter
Tipe 4-langkah SOHC Air Cooled – Blue Core Technology
Isi Silinder 113 cc
Tenaga Maksimal 9.4 PS / 8800 rpm
Torsi Makimal 8.7N-m/ 6500 rpm
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Transmisi  Otomatis V-Matic
Harga Rp 12.650.000

Sama sebagaimana motor matic paling irit yang direkomendasikan sebelumnya, Suzuki Nex Fi pun dilengkapi mesin Fuel Injection yang menjadikan motor matic ini punya emisi gas buang rendah, dan meningkatkan Efisiensi BBM jadi lebih irit dibanding motor matic sekelasnya. Hebatnya lagi, teknologi Injeksi yang diberikan julukan Suzuki Performance (SUPER) Fuel Injection sempat mencatatkan rekor penggunaan bahan bakar bensin sejauh 82.6 km per liter, hingga membuatnya motor matic paling irit di Indonesia. Meskipun begitu, semuanya bergantung dari skala kecepatan menggeber motor, sebab dibutuhkan kestabilan kecepatan tuk meraih keiritan mesin yang terbaik.

Honda BeAT eSP

Honda BeAT eSP
Honda BeAT eSP
Items Deskripsi
Konsumsi BBM 73.5 km / Liter
Tipe 4-langkah SOHC dengan pendinginan udara – eSP
Isi Silinder 108.2 cc
Tenaga Maksimal 6.38 kW / 7.500 rpm
Torsi Makimal 9.01 Nm  / 6.500 rpm
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Transmisi  Otomatis V-Matic
Harga Tipe
Rp 14.700.000 Honda BeAT eSP CBS
Rp 15.200.000 Honda BeAT eSP CBS ISS
Rp 14.500.000 Honda BeAT eSP CW

Honda Beat sukses menyabet gelar motor matic paling irit kelas 110–115cc Otomotif Award tahun 2009-2010. Penghargaan itu tidak lepas dari pencapaian konsumsi bahan bakar 73.5 km/liter lewat mesin 4 Langkah SOHC dengan sistem air cooled. Tentunya keiritan Honda Beat sekarang jauh lebih baik, sebab Honda sudah menambah teknologi eSP yang dipadu dengan sistim pembakaran Injeksi (PGM-FI) hingga performa mesin selalu bertenaga, dan sanggup menghasilkan daya maksimum 8.68 ps di putaran mesin 7.500 rpm, dan torsi maksimum 9,01 N.m/6.500 rpm. Disamping itu, Honda juga menyediakan marak varian Honda Beat, mulai versi Beat Esp varian CW, CBS, ISS, serta varian BeAT POP eSP.