Jangan Buru-Buru Beli Mobil Bekas Taksi, Cek Dulu Tips & Trik Ini

Posted on

Hampir tiap lima tahun sekali company Taksi mengganti armada dengan mobil baru. Itulah kesempatan buat sobat otomotif yang cari mobil mewah dengan harga murah, sebab rata-rata perusahaan mereka menjual mobil bekas dengan harga murah. Harganya bergantung tipe mobil dan tahun pembuatannya, tapi rata-rata dibanderol antara 70-85 Jutaan. Bahkan tipe mobil yang tak terlalu populer, semacam Kia Rio dan Nissan Sunny dibanderol harga juah murah banget.

Rata-rata mobil bekas Taksi barunya berusia 5-6 tahun. Umur itu tergolong sangat murah tuk paramater mobil bekas. Tetapi sobat musti hati-hati, karena tidak semua mobil bekas Taksi punya kondisi mesin bagus. Pasalnya, mobil ini telah melewati ratusan kilometer dan seringkali musti menerjang keadaan banjir yang otomatis bakal mempengaruhi kinerja mesin juga berbagai sektor lain, semisal kaki-kaki, suspensi, sasis, serta bagian interior. Tapi sebelum sobat beli mobil bekas Taksi Blue Bird maupun perusahaan Taksi lain, silahkan simak Tips & Trik untuk Beli Mobil Bekas Taksi.

Jangan Terlena Harga Murah

Harga mobil bekas Taksi emang murah, tapi hal ini jangan sampai menjadikan sobat otomotif lengah. Pasalnya, harga mobil bekas Taksi bakal mempengaruhi keadaan mobil yang sobat beli. Makin mahal harganya jelas kondisinya makin prima juga sobat bakal mendapat mobil bekas tahun produksi sedikit muda. Disamping itu, sobat pun musti menyiapkan uang lebih bila nantinya mau memodifikasi mobil yang sobat pilih, sebab rata-rata tampilan mobil bekas tampak apa adanya, walau sudah melewati beragam restorasi dari pihak penjualnya.

Cek Kondisi Mesin, Chasis, dan Kaki-Kakinya

Mesin adalah bagian vital mobil. Meskipun rata-rata kilometer tiap mobil bekas Taksi hingga 300 ribu km, namun sobat selalu harus mengecek secara detail kehalusan mesin juga tenaga yang mampu dikeluarkannya. Jangan sampai beli mobil bekas taksi yang mengalami kerusakan kepada bagian mesin, sebab nantinya memerlukan biaya perbaikan dan pemeliharaan banyak. Cara termudah tuk mengecek kondisi mesin ialah dengan cara mendengar suaranya, sebab biasanya bakal terdengar suara yang mengganggu bila terjadi kerusakan.

Ratusan ribu kilometer yang dilalui mobil Taksi, tentunya akan mempengaruhi kondisi sasis serta kaki-kakinya. Seringkali bagian inilah yang sangat bandel dan membutuhkan biaya perbaikan tak sedikit. Hal ini tidak lepas dari medan yang dilalui mobil Taksi, sebab seringkali melewati jalan berlubang maupun bergelombang yang nantinya merusak bagian kaki-kaki maupun suspensinya. Casis pun patut sobat perhatikan, jangan sampai membeli mobil bekas taksi banjir yang nanti membuat casis keropos lalu berkarat.

Periksa Surat-Surat Kendaraan

Tips beli mobil bekas Taksi berikutnya ialah melakukan pengecekan atas surat-surat mobil yang mau sobat beli. Kondisi surat musti sesuai dengan nomor rangka, nomor mesin, dan tentunya STNK serta BPKB. Biasanya perusahaan Taksi bakal langsung membikin plat Hitam atas nama pembeli, hingga makin mempermudah proses pembelian. Tetapi ada beberapa perusahaan yang mewajibkan balik nama sendiri, lebih ribet sih tapi ini sudah kebijakan mereka.